Indonesia / Uncategorized

Beberapa hal belakangan ini 

Pekerjaan

pexels-photo.jpg

Iya, bisa ditebak kenapa sudah lama nggak update blog, waktu dan fokusnya untuk kerja, kerja, kerja. Puji Tuhan, Alhamdulillah saya menikmati banget pekerjaan dan suasana bekerjanya. Meski baru tiga bulan lebih, saya belajar banyak dan malah jadi banyak ide tulisan. Begini toh rasanya, di satu sisi, mengejar deadline pekerjaan, dan di saat yang bersamaan banyak ide tulisan tapi kekurangan waktu. Kadang terbersit juga sih, andai sehari itu ada 36 jam dan tubuh cuma perlu tidur 8 jam. Ah manusia, suka begitu deh.

Cokelat dan produk-produk lokal lainnya

Saya termasuk penggemar produk lokal dan home made goods. Jadi, senang sekali ya melihat banyak produk lokal berkualitas dan ‘pakai hati’ bikinnya. Indonesia is doing so well on this department these days. Salah satu kesenangan saya sekarang adalah cokelat Pipiltin. Kenapa? Pertama,  mereka produksi dari bean to bar, Pipiltin keliling Indonesia untuk cari biji kakao dari Aceh sampai Papua. Kedua, dari hasil kerja keras ini, mereka berhasil punya range palet rasa coklat berkelas dan serius. Ini saya nulis nggak pake endorse an ya, ini murni saya terkesan banget. Sebagai penggemar dark chocolate, pilihan favorit jatuh pada Coklat dari Pidie Jaya Aceh 84% Dark Chocolate dan Flores Tanazozo.

pipiltin-cocoa-cafe_chocolate_senopati-6

Indonesia mungkin bukan tanah air yang mudah dicintai ya, apalagi di masa-masa politik lagi panas begini, tapi  meski demikian saya seringkali menemukan ‘kekayaan’ kecil semacam ini yang bikin gemes senang lagi. Angkat topi buat yang kerja untuk ngembangin produk Pipiltin ini.

Malabsorption

Jadi, beberapa waktu lalu saya iseng nyoba Food Combining, ceritanya agar pola makan lebih tertib. Makan pagi buah, cek. Makan siang, carbs dan sayur2an, cek. Nah makan malam ini, ndilalah saya malah jadi suka lupa makan daging baik ayam, sapi maupun babi apalagi ikan. Mungkin karena makan nasi merah plus sayur itu cenderung cepat kenyang.  Dan malem cenderung malas masak, kalau makan diluar cenderung memilih makan yang ‘enteng’. Namun, setelah beberapa minggu , saya jadi cenderung cranky dan sulit tidur nyenyak di malam hari. Sempat merasa bingung, ini kenapa sih ? puncaknya beberapa hari saya diare dan perut saya sepertinya kebingungan, kadang melilit campur kembung.

Satu hari, on a whim, saya melipir bersama teman kantor untuk beli burger bintang ibukota saat ini (dengan daging sapi lokal). Saya melahap burger itu seperti nggak makan tujuh hari tujuh malam. Lantas, apa yang terjadi? Perut senang, tidur malam itu nyenyak dan pencernaan sehat keesokan paginya.

Jadi rupanya, perubahan pola makan saya malah bikin malah kelebihan serat yang justru malah bikin runyam penyerapan nutrisi untuk tubuh. Iya, ini kondisi beneran. Baca disini. Bisa ditebak dong ya, setelah itu ngga lagi-lagi saya skip makan daging, hihi.

Bacaan

mata-hari_cover-usa

Ada dua buku yang sedang saya baca,  The Spy , karyanya Paulo Coelho dan Rijsttafel , Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial 1870-1942 karyanya Fadly Rahman. Jadi, pilihan buku untuk dibaca ini sengaja khusus untuk habis ngantor. Kedua buku ini hampir selesai dibaca, pilihan berikut buku apa ya?

rijsttafel

4 thoughts on “Beberapa hal belakangan ini 

  1. Wah ternyata kebanyakan menu karbohidrat dalam Food Combining juga tidak baik ya. Bisa kebanyakan serat. Menu daging juga jangan lupa (meski dalam kasus saya kadang ini bablas juga, haha). Tapi mengingat saya juga lagi ikut food combining, saya absen dulu deh soal cokelat, hoho.
    Buku rijstaffel itu kata beberapa teman bagus Mbak, dari dulu sudah ingin saya beli cuma belum sempat. Saya request buat dibahas dong Mbak ulasan soal bukunya, supaya lebih yakin kalau mau beli, hehe.

  2. Gw udah jarang makan daging merah, tapi emang badan butuh iron ya, kadang craving banget makan burger. Besoknya lari pagi, wih kenceng banget. Emang ga salah ya Cheetah 😀
    Pingin balik lagi piscestarian sih, tapi masih maju mundur ngitung-ngitung protein. Ga banyak tahu tempe pecel lele disini 😉

  3. Aku menyerah banget kalo masalah diet-dietan yas.. Gak bisa tidur kalo malam. Bisa sampe jam 2 pagi. Hahaha..
    Sekarang porsi aja yang aku kurangin. Sama nasi putih diganti nasi merah.
    Ngemil tetep jalan sedikit-sedikit.

Leave a Reply

