Culture & Curious Habits / Diving / Indonesia / Journal & Travels / Personal

Forever Summer Skincare, how to celebrate your tropical skin

img_5139

Saya sebenarnya bukan tipe orang yang terlalu khawatir soal menghitamnya kulit ketika berlibur di pantai atau laut. Saya lebih perhatikan soal kulit dan rambut yang sehat, yang dalam kamus saya artinya bersih, lembab dan cerah, itu aja. 

Semenjak sering berenang dan diving, otomatis saya jadi sering ada dibawah sinar matahari langsung, ketemu air laut dan air kolam renang. Kulit kering, rambut pliket-pliket, iritasi, bibir kering dan kulit gatel pasti pernah teralami. Nyebelin ya?

Lewat pengalaman dan ngobrol-ngobrol sesama penyuka renang dan diving, saya dapat macam-macam tips dan juga saya lakukan untuk mencegah ketidaknyamanan di kulit dan rambut. Apa aja tuh?

Bilas air bersih

Sebelum masuk kolam renang atau main di pantai / laut, biasakan bilas dulu air bersih. Sejak saya lebih rajin melakukan ini, kulit saya tidak lagi gatal -gatal sehabis berenang ataupun menyelam. Rambut juga tidak terasa terlalu pliket (pliket itu apa siih? ). Bilas-bilas juga saya lakukan setelah selam dan berada diatas kapal, terutama bagian wajah – karena biasanya kulit, bibir terasa kering dan asin. Bilasnya pakai apa kalau diatas kapal gitu? Air mineral botolan hehe.

Minum air putih

Klise sih, tapi biasanya saya suka lupa minum air putih selagi main air. Padahal meski tidak berkeringat, beraktifitas di air dan di bawah sinar matahari tetap mengurangi kadar cairan tubuh kan ya.

Pakai pelembab

Saya biasanya pakai yang standar, Parasol SPF 30. Tapi itupun cuma sekali aja dipakai sebelum nyebur hehe selebihnya lupa. Jadi sebenarnya ngaruh nggak ya pakai pelembab ber SPF? Entahlah. Saya sendiri lebih suka pakai Virgin Coconut Oil sih ya. *penggemar VCO alert* Tapi konon Red Raspberry Seed Oil mengandung SPF alami 25-50, kapan-kapan mau saya coba. Yang justru saya suka pakai adalah Aloe Vera Soothing Daycreamnya Body Shop setelah mandi dan cuci muka – adem banget. Buat kulit wajah saya terasa nyaman setelah panas-panasan sepagian (diving pagi).

Clean your water gears thoroughly

Ini nih yang biasanya terlewat, padahal penting banget. Kacamata renang, baju berenang dan alat-alat selam wajib dibilas air bersih setiap kali sesudah pemakaian. Alat-alat ini kan bergesekan dengan kulit ya, kalau kotor – bersisa chlorine atau air laut, bisa bikin kulit iritasi. Untuk menghindari iritasi jangan lupa bilas-bilas alat dan pakaian renang ya, kebiasaan ini juga supaya alat-alat dan baju renang awet pemakaiannya.

Segitu deh tips dari saya, semoga bermanfaat. Ada tips-tips lain mungkin, share juga dong 🙂

 

Advertisements

8 thoughts on “Forever Summer Skincare, how to celebrate your tropical skin

  1. Gw kmaren nyemplung2an di Flores lalu kulitnya kebakar matahari uy. Terus beberapa kali ke pantai disini pas siang2 juga kebakar lagi. Kulit gw udah kebule-bulean. Jadi sunblock lotion minimal SPF 30 sebelum keluar rumah wajib, terus kalo masih papanasan juga, tiap sejam pake sunblock semprot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s