Diving / Indonesia / Journal & Travels

Yuk Scuba Diving!

 

dive-map-indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Sebuah fakta yang sungguh menyenangkan untuk warga negaranya. Keindahan laut Indonesia juga surga tersendiri untuk penduduk dunia yang mengakrabi dunia laut dan selam. Kita sebagai orang Indonesia beruntung karena lokasi laut ada dimana-mana dan relatif mudah untuk diakses.

IMG-20160822-WA0011

Siap-siap turuun! at Kepulauan Seribu

Kegiatan yang dilakukan di pantai dan laut memang banyak pilihan dari snorkeling sampai flyboard, tapi sayang sekali kalau melewatkan pengalaman menyelam ini. Bo, orang dari segala penjuru dunia berjuang menabung, menyebrangi lautan, mengarungi angkasa demi pengalaman selam di Indonesia, masa kita yang orang Indonesia yang punya laut literally di halaman kita, nggak penasaran isi laut kita apa aja?

Discovery / Test Dive  (tanpa sertifikasi)

Reaksi pertama orang kalau menyebut scuba diving biasanya, wah alat-alatnya kan banyak dan mahal, belum lagi musti sertifikasi dulu. Dulu juga saya berfikir begitu, tapi ternyata saya salah berasumsi.

Untuk yang penasaran, operator diving maupun sekolah diving rata-rata menawarkan yang namanya discovery diving atau test dive. Semua alat dan pakaian tersedia dan divingnya didampingi instruktur/ dive master (well, ini selalu sih ). Untuk kedalaman discovery diving biasanya maksimum 10 m. Kesannya nggak dalam ya? Oh, tapi pemandangan di laut di kedalaman segitu cukup untuk perkenalan, banyak sekali yang bisa dilihat dan bebas untuk dilakukan siapa saja. Sediakan waktu aja sekitar setengah hari, untuk perkenalan alat di kolam renang yang kemudian lanjut selam di laut. Kalau nantinya memang mau sertifikasi, banyak pilihan yang bisa diambil sesuai kebutuhan dan budget masing-masing.

Don’t let it scare you ! Belajar mengatasi rasa gugup dan panik di dalam air

Karena pada dasarnya kita, manusia, nggak hidup di bawah air perasaan gugup atau panik pasti sempat teralami. Saran saya cuma satu – laluin aja. Semua bisa karena biasa. Karena percayalah, begitu semua panik dan gugup itu hilang skill scuba diving itu worth it banget!

Enjoy, but safety first

Butuh waktu nggak terlalu lama untuk bisa menikmati scuba diving, apalagi memang laut itu menakjubkan. Jangan lupa untuk rajin cek udara yang tersedia dalam tabung, cek juga dive buddy dan dive masternya ada dimana. Basically, stay within the group. Pengalaman saya sih pemula maunya deket-deket terus dan cenderung tubruk-tubruk hehe. Usahain jaga jarak aja, tenang, selalu ada yang jagain di depan dan belakang.

Know your marine life

Betapapun menggodanya, kehidupan dibawah laut sebaiknya nggak disentuh-sentuh. Just leave it be. Kalau memungkinkan bawa kamera saja untuk menangkap momen, alam dan binatang selama dibawah laut. Ketika di darat nanti, hal seru yang bisa dilakukan adalah mengidentifikasi karang dan kehidupan laut lainnya.

Yuk Scuba Diving!

Scuba Diving

Infographic made by AYASPROMENADE on a cold rainy Saturday night.

Advertisements

4 thoughts on “Yuk Scuba Diving!

  1. Tadinya #30before30 aku ingin belajar Diving.. minimal les dulu di Senayan. Ehh apa daya kayaknya ga kesampean nih, belum ada waktunya 😦 kamu kapan rencana diving lagi? Pasti seruuuu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s