Indonesia / Journal & Travels

Menelusuri Timur dengan Garuda Indonesia, Exploring East with Garuda Indonesia

Screen Shot 2015-07-30 at 8.00.18 PM

Memimpikan liburan untuk saya biasanya melibatkan mengunjungi ke desa-desa tradisional dan menikmati alam terbuka. Untuk urusan memimpikan tujuan liburan, hidup di Indonesia memiliki keuntungan tersendiri, yaitu banyak pilihan tempat indah untuk diimpikan. Bahkan saking banyaknya, memimpikan tujuan berlibur bisa setiap tahun berganti dan tujuan tidak akan habis sampai akhir hayat. Berlebihan? Saya rasa tidak. Saya yakin banyak dari kalian pun berfikir demikian.

Kali ini saya memiliki Destinasi Impian menelusuri Timur Indonesia. Dan sejujurnya kalau boleh serakah, saya ingin pergi ke seluruh dua puluh enam tujuan yang Garuda Indonesia miliki rute penerbangannya di Indonesia bagian timur. Tapi, baiklah, mungkin dua puluh tiga tujuan terlalu ambisius dan mimpi yang kepanjangan untuk sekali waktu berlibur.

Mimpi kadang tidak muncul begitu saja. Kali ini mimpi saya menjelajahi Timur datang dari cerita-cerita anggota keluarga yang sudah pernah ke pelbagai kota di Indonesia bagian Timur. Jadi ceritanya, sekitar lima tahun yang lalu, Papa ada pekerjaan di Kupang dan sekembalinya beliau dari sana, beliau membawa cerita keindahan alam dan beberapa helai kain tenun khas Nusa Tenggara. Oom dan Tante sempat juga bercerita mengenai keunikan kerajinan tangan dari hasil alam di NTT. Saya masih ingat pernah berujar pada diri sendiri bahwa suatu hari nanti saya akan melakukan perjalanan ke Nusa Tenggara, melihat bagaimana budaya yang melahirkan kain tenun yang mengesankan itu dan mengalami sendiri lansekap alam Nusa Tenggara. Belum lama ini juga saya  baru tahu bahwa Ibu saya memiliki jejak leluhur dari Bima. Sungguh, darah orang-orang Indonesia ini kaya jejak budaya! Dua hal inilah yang mendasari keinginan kuat saya untuk jelajah Timur Indonesia.

Bermimpi Lompat Pulau!

Salah satu cita-cita perjalanan saya adalah dengan model lompat pulau dan mencakup moda transportasi udara, darat dan laut. Untuk pilihan transportasi udara saya memilih maskapai Garuda Indonesia, bukan saja karena pilihan tujuannya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke bahkan melampaui Indonesia, namun dari pengalaman yang sudah-sudah dan membandingkan pelayanan dengan maskapai lain, saya paling senang dengan Garuda Indonesia. Alasannya sederhana, Kenyamanan Kelas Dunia yang berupa kehangatan yang khas Indonesia dari staff Garuda Indonesia membuat saya merasa nyaman sepanjang perjalanan baik pendek maupun panjang. Hal ini saya rasakan sendiri di tahun 2010 ketika saya rajin perjalanan Jakarta (CGK) – Shanghai (PVG) karena urusan pekerjaan.

Tujuan pertama saya ingin mengunjungi Bima, dimana konon asal leluhur saya dari pihak ibu berasal. Bima juga dikenal pantai -pantai pasir putihnya yang konon indah dan jadi tujuan favorit pengunjung yang datang ke Bima selain pegunungan Tambora yang tak kalah indah untuk didaki. Sejarah Bima juga salah satu hal yang menarik untuk ditelaah lebih lanjut karena kini di abad-21 Bima adalah rumah untuk orang-orang dari Jawa, Sunda, Timor, Flores, Bugis, Bajo, Madura, Sasak (Lombok), Bali, Minang dan Batak. Tentu bukan tanpa alasan mereka menjadikan kota Bima sebagai rumah. Saya berniat ingin tahu lebih banyak ketika berkunjung nanti!

Dari Bima, perjalanan dilanjutkan ke Labuhan Bajo untuk tentu saja transit sebelum menuju ke kawasan Taman Nasional Komodo. Karena pertimbangan waktu dan jarak saya pikir saya akan ke Pulau Rinca. Duh, sudah terbayang serunya hiking dan menikmati alam terbuka. Selain tentunya melihat komodo di habitat aslinya, sebagai peminat flora dan fauna saya tentunya bersemangat pula untuk mengalami ekosistem vegetasi yang lain dari keseharian di pulau Jawa.

Dari Labuhan Bajo, kemudian terbang ke Kupang! Sebagai pecinta seafood, saya menantikan merasakan kuliner seafood di kota ini. Selain itu saya berencana baca beberapa buku tentang sejarah Kupang sebelum saya berangkat, rencana saya ingin mengetahui Kupang lebih jauh dan diakhir perjalanan tentu saja saya akan menulis apa saja yang saya lihat dan alami di perjalanan impian ini.

Epilog

Melangkahlah, melangkahlah sejauh kau bisa. Lihatlah keindahan Indonesia, sebuah negeri yang pantas disebut surga.

2 thoughts on “Menelusuri Timur dengan Garuda Indonesia, Exploring East with Garuda Indonesia

Leave a Reply

